Berita

Simulasi
Investasi

BP Tapera Luncurkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Pemupukan Dana Tapera Pasar Uang

BP Tapera Luncurkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Pemupukan Dana Tapera Pasar Uang

Bp -tapera -meluncurkan -kik -pemupukan -dana -tapera -pasar -uang -s -iuus

 

Pada tanggal 26 Oktober 2021, BP Tapera meluncurkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Pemupukan Dana Tapera Pasar Uang sebagai langkah awal pengelolaan Dana Tapera melalui pasar modal.

Adapun besaran dana pemupukan yang dialokasikan untuk tahap awal KIK Pasar Uang adalah sebesar Rp690 miliar yang akan dibagi secara merata kepada tujuh Manajer Investasi Investasi terbaik yang ditunjuk oleh BP Tapera untuk mengelola KIK secara profesional, transparan, menguntungkan, dan dengan memerhatikan prinsip kehati-hatian sesuai dengan amanat Undang-Undang.

Keterikatan Manajer Investasi terhadap BP Tapera diwujudkan melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) yang akan menjadi rujukan Manajer Investasi dalam menyusun KIK dengan Bank Kustodian.

Direktur Utama PT Danareksa Investment Management, Marsangap P. Tamba melihat peluncuran KIK ini dapat menjadi faktor pendorong untuk pemulihan ekonomi Indonesia. “Peluncuran produk ini diharapkan dapat mendukung ketersediaan pembiayaan perumahan, khususnya bagi Masyarakat Berpengahasilan Rendah (MBR) dan dapat dijalankan secara berkelanjutan” ujar Marsangap.

Sebagai informasi, Pembentukan wadah KIK mengacu pada UU No. 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dan PP 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera, di mana BP Tapera menunjuk Manajer Investasi untuk pengelolaan KIK tersebut. Sesuai dengan POJK No. 66 Tahun 2020, KIK yang dibentuk bernama KIK Pemupukan Dana Tapera, di mana merupakan suatu produk baru di pasar modal yang diperuntukkan khusus bagi pengelolaan investasi pemupukan Dana Tapera.

Adapun tujuh manajer investasi yang ditunjuk untuk mengelola KIK ini, yaitu PT BNI Asset Management, PT Bahana TCW Investment Management, PT Batavia Aset Manajemen, PT Danareksa Investment Management, PT Mandiri Manajemen Investasi, PT Manulife Asset Management, PT Schroder Investment Management.

26 Oktober 2021
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED|
PT Danareksa Investment Management terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia | DISCLAIMER