Berita

Simulasi
Investasi

AKSes KSEI : kini cek portofolio investasi pasar modal lebih mudah

AKSes KSEI : kini cek portofolio investasi pasar modal lebih mudah

Apakah AKSes KSEI?

AKSes KSEI merupakan fasilitas yang disediakan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) agar Nasabah dapat secara langsung memantau portofolio investasinya di pasar modal Indonesia. Fasilitas ini dapat diperoleh melalui situs web https://akses.ksei.co.id/ atau Nasabah dapat mengunduh melalui Appstore ataupun Playstore.

Merujuk kepada Surat Edaran OJK No. 1/SEOJK.04/2020 tentang Tata Cara Penyampaian Surat atau Bukti Konfirmasi & Laporan Berkala reksa dana secara Elektronik melalui Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST) dengan ini disampaikan bahwa:

  1. Mulai 17 Februari 2021, surat atau bukti konfirmasi (“Laporan Transaksi”) dan Laporan Bulanan reksa dana tidak lagi dikirimkan Bank Kustodian kepada Nasabah baik secara elektronik maupun cetak.
  2. Nasabah dapat mengakses maupun mencetak secara mandiri mengenai laporan tersebut melalui fasilitas AKSes KSEI (https://akses.ksei.co.id/).
  3. Dengan fasilitas AKSes KSEI, Nasabah kini dapat memonitor seluruh portofolionya di Pasar Modal termasuk reksa dana.
  4. Apabila investor membutuhkan laporan dalam bentuk cetak, agar segera menghubungi pihak Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) atau Manajer Investasi tempat pembelian reksa dana;
  5. Permintaan laporan transaksi & laporan bulanan reksa dana dalam bentuk cetakan akan dikenakan biaya.

Bagaimana Cara Registrasi AKSes KSEI?

Bagi Nasabah yang belum registrasi Fasilitas AKSes KSEI, silakan registrasi terlebih dahulu melalui https://akses.ksei.co.id/. Pada saat pengisian data :

  • Pastikan memasukkan nomor telepon seluler Anda yang aktif karena nomor ini digunakan untuk menerima kode OTP (one-time password) dalam rangka verifikasi akun Anda.
  • Masukkan alamat e-mail Anda yang aktif. Alamat e-mail ini akan digunakan untuk verifikasi akun Anda dan menjadi Username untuk log-in atau melakukan pengaturan terkait akun Anda.

Langkah registrasi adalah:

  1. Masuk ke situs web AKSes KSEI (https://akses.ksei.co.id)
  2. Klik Tombol “Daftar”
  3. Pilih tipe registrasi
  4. Setelah semua data terisi, klik tombol “Selanjutnya” serta “Aktivasi” untuk aktivasi akun Anda
  5. Tautan untuk verifikasi akun akan dikirimkan ke email Anda. Apabila dalam 15 menit Anda belum menerimanya, silakan klik tombol “Kirim Ulang”
  6. Buka inbox email Anda, kemudian klik tautan aktivasi yang terdapat dalam email dari akses@ksei.co.id dan Anda akan menuju halaman untuk menentukan kata sandi (password) akun Anda.
  7. Klik tombol “Aktifkan Akun Saya” untuk mulai mengaktifkan akun Anda.
  8. Selesai.

Panduan “Registrasi” AKSes KSEI dapat diunduh di sini

Bagaimana Cara Menarik Laporan Reksa Dana?

Fasilitas AKSes KSEI dapat memantau kepemilikan reksa rana melalui fasilitas AKSes KSEI secara online, sehingga meningkatkan transparansi dan perlindungan terhadap Investor Pasar Modal Indonesia.

Langkah melakukan penarikan laporan reksa rana adalah:

  1. Login pada situs web atau aplikasi mobile AKSes KSEI
  2. Klik “Portfolioku”
  3. Klik sub menu “Laporan”
  4. Pilih “Laporan Bulanan Reksa Dana” atau “Laporan Mutasi Reksa Dana” dan periode pelaporan
  5. Klik “Download” lalu laporan akan terunduh secara otomatis.
  6. Selesai

Panduan “Portofolioku” AKSes KSEI dapat diunduh di sini 

Informasi lebih lengkap mengenai AKSes KSEI dapat diakses melalui situs web https://akses.ksei.co.id/, video tutorial AKSes KSEI di Pusat Edukasi, di aplikasi mobile AKSes KSEI ataupun melalui Contact Center KSEI:

Informasi lebih lanjut, juga dapat menghubungi Contact Center PT DIM :

(Jam Kerja 08.30-17.30 WIB).

 

Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu Nasabah PT Danareksa Investment Management.

 

29 Januari 2021
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 Danareksa All Rights RESERVED|
PT Danareksa Investment Management terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia | DISCLAIMER